Jumat, 14 Oktober 2011

Dampak Buruk Kebanyakan Tidur & Akibat Kebanyakan Tidur

*Dampak Buruk Kebanyakan Tidur Tidur terlalu lama bukan malah membuat tubuh lebih segar. Sebaliknya, tidur lebih dari 6-8 jam sehari justru mempercepat kerusakan sel tubuh yang berpotensi mengurangi harapan hidup hingga 17 persen.
Tidur berlebih memicu sejumlah penyakit seperti diabetes, hipertensi, migrain, dan meningkatkan risiko penyakit radiovaskuler seperti serangan jantung dan gangguan hormonal. “Salah satu dampak buruk yang sering muncul akibat terlalu banyak tidur adalah obesitas,” ujar seorang pakar kesehatan di Mumbai, Dr Prakash Lulla. Lalu, bagaimana caranya agar tidur tidak berlebih? Ini tipsnya. Pastikan makan malam terakhir Anda setidaknya tiga jam sebelum tidur.
“Cobalah membiasakan diri makan buah atau segelas susu sebelum makan malam dan hindari minum teh atau kopi sebelum tidur.” Olahraga rutin. Tak hanya akan membuat Anda tidur nyenyak, tapi juga membuat badan segar. Usai aktivitas melelahkan sepanjang hari, mandi di bawah pancuran bisa membuat diri lebih rileks dan tidur pun nyenyak. Hindari suasana berisik saat tidur. Cobalah mendengarkan musik klasik, membaca buku bertema ringan, atau memainkan game santai menjelang tidur juga bisa meningkatkan kualitas tidur.
Usahakan bangun pagi tak lebih dari pukul 6, karena akan membuat badan lebih segar dan siap melakukan aktivitas seharian tanpa kelelahan saat menjelang tidur kembali. Ciptakan kamar tidur dengan sirkulasi udara yang baik. Asupan oksigen yang cukup akan membuat pikiran tenang dan menormalkan fungsi tubuh. Hindari tidur siang terlalu lama. Tidur siang sekitar 45 menit tak masalah, asal jangan sampai 2-3 jam karena akan merusak pola tidur malam. Hindari pikiran buruk menjelang tidur. Saat stres melanda, gunakan sejumlah trik menenangkan diri seperti meditasi atau yoga menjelang tidur.
Stel alarm dengan ukuran tidur 7-8 jam di pagi hari. Tidur selama waktu itu adalah yang terbaik untuk melakukan regenerasi sel-sel tubuh yang rusak. Sebab tidur kurang dari itu juga berbahaya bagi kesehatan.


*Akibat Kebanyakan Tidur Tidur memang dapat membuat badan kita kembali fresh setelahnya. Tetapi, tidur disini haru merupakan tidur yang baik. Maksimal, orang dewasa tidur 8 jam perhari. Jika lebih dari itu, Anda tidak dianggap sebagai orang yang malas. Tetapi Anda juga lebih cepat mati !!! Hasil dari penelitian kawan-kawan dari Institusi American Cancer, bahwa orang yang tidur 8 jam perhari meningkatkan risiko kematiannya menjadi 12%.
 Risiko bertambah menjadi 17% jika Anda tidur lebih 9 jam perhari. Risiko menjadi bertambah besar lagi menjadi 34% jika Anda tidur lebih dari 10 jam perhari. Menurut Dr. Daniel F. Kripke, tidur berlebihan sama saja seperti makan berlebihan. Tubuh tidak membutuhkan apa yang tidak diperlukan. Tidur berlebihan juga dapat melemahkan organ-organ tubuh kita. “Sebaiknya setiap orang mempunyai kebiasaan tidur 6,5 jam sehari, tapi harus tidur yang berkualiti.
“Tak ada alasan untuk menambah jam tidur, tubuh akan memberitahu kita berapa banyak jam yang ia perlukan untuk beristirahat, ” ujar Prof… Daniel. Jadi, kesimpulan dari penelitian diatas adalah, tidur akan lebih berkualitas selama 7 jam. Tetapi, jika kita tidur kurang dari 5 jam perharinya terus menerus, ini juga tidak baik bagi kesehatan. Orang-orang biasa menyebutnya Insomnia. Kalau selama ini Anda tis=dur lebih dari waktu yang dibutuhkan oleh tubuh, mulai sekarang Anda harus bisa menguranginya. Tetapi, jangan terlalu banyak untuk mengurangi. Karena juga tidak baik bagi kesehatan.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More